Wednesday, 11 May 2016

Agar Tetap Sehat dan Fit di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim, karena pada bulan ramadhan semua amalan kita dilipat gandakan, selain itu masih banyak keberkahan yang bisa kita dapatkan dibulan ramadhan ini, di bulan ramadhan kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa dimana puasa adalah kondisi kita menahan hawa nafsu dan juga menahan lapar dan haus semenjak imsyak sampai menjelang maghrib, dan bagi yang tak terbiasa menjalankan puasa maka akan ada masalah tersendiri untu kesehatan anda, maka dari itu kami ada beberapa tips khusus untuk menjaga kondisi tubuh anda agar tetap sehat dan fit saat anda menjalankan puasa di bulan ramadhan.
7 Tips Agar Tetap Sehat dan Fit di Bulan Ramadhan
BERBUKA DENGAN KURMA
Ketika anda sudah mencapai waktu berbuka atau ketika sudah maghrib anda bisa berbuka dengan menggunakan buah yang satu ini buah yang sangat khas dengan bulan ramadhan yaitu kurma ,berbukalah dengan kurma sebanyak 3 buah karena hal itu disunah kan oleh nabi kita Nabi Muhammad SAW selain itu kurma juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita yang dimana dengan mengkonsumsi kurma energi kita setelah berpuasa seharian akan lebih cepat kembali.
SAHUR
Sahur adalah kunci utama kita untuk fit menjalankan puasa seharian maka dari itu ketika sahur , makan la makanan yang banyak nutrisi baik untuk tubuh kita seperti makan banyak sayur dan buah-buahan dan jangan lupa perbanyak minum air putih saat sahur, agar esok nya kita tidak dehidrasi.
MINUM CUKUP
Disaat bulan puasa kita juga harus menjaga cairan dalam tubuh kita agar kita tidak dehidrasi saat menjalan kan puasa sebab saat siang hari kita tidak bisa minum saat kita berpuasa, maka dari itu kita harus minum banyak saat malam hari nya untuk menjaga cairan dalam tubuh kita.
KARBOHIDRAT KOMPLEKS
Makanan dengan jenis karbohidrat kompleks memang sangat bagus untuk kondisi tubuh kita jadi ketika kita berpuasa kita harus perbanyak makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, oatmeal, serta beras hitam sangat baik dikonsumsi yang sangat baik untuk tubuh kita.
SEIMBANGKAN GIZI
Anda juga harus menyeimbangkan gizi anda ketika berpuasa karena dengan keseimbangan gizi akan membuat kondisi tubuh kita tetap prima saat berpuasa.
JANGAN MINUM KAFEIN
saat anda berpuasa jangan terlalu banyak minum yang mengandung kafein apalagi ketika sahur karena dengan meminum kafein anda akan merasa haus saat siang hari nya dan cairan ditubuh anda akan cepat berkurang sehingga saat berpuasa alangkah baik nya anda menjaga kesehatan tubuh anda dengan menghindari kafein

No comments:

Post a Comment