cara menurunkan kolesterol tinggi

CARA MENURUNKAN KOLESTEROL DENGAN BEROLAHRAGA

Selain makanan, cara menurunkan kolesterol secara alami adalah dengan berolahraga. Olahraga yang teratur dapat membantu menurunkan kolesterol. Aktivitas fisik dalam olahraga membantu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL), yaitu jenis “kolesterol baik” yang ada dalam tubuh.  Tidak perlu memulainya dengan olahraga berat. Olahraga sederhana yang bisa anda lakukan sebagai cara cepat menurunkan kolesterol secara alami antara lain: jalan kaki, bersepeda, lari dan berenang. Pilih bentuk olahraga yang sesuai dan cocok untuk anda.

Jika anda belum berolahraga secara teratur, penting untuk memulainya secara perlahan. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, sehingga dapat mengevaluasi kondisi tubuh dan kesehatan jantung anda. Lakukan tes kesehatan setelah berolahraga untuk melihat bagaimana jantung dan hati anda bereaksi saat berolahraga. Tentu, olahraga saja tidak akan menjamin kadar kolesterol akan turun. Faktor genetika, berat badan, usia, jenis kelamin, dan diet semua berkontribusi terhadap kadar kolesterol seseorang. Namun olahraga memiliki banyak manfaat lainnya selain untuk menurunkan kolesterol. Olahraga telah terbukti untuk menjaga tulang yang kuat, mengurangi risiko kanker, diabetes, stroke, dan obesitas, serta meningkatkan mood.

Tepatnya berapa porsi olahraga yang dibutuhkan sebagai cara menurunkan kolesterol memang menjadi perdebatan. Namun, WHO merekomendasikan, minimal, 30 menit per hari, dengan melakukan olahraga sedang hingga berat, seperti berjalan, jogging, bersepeda, atau sekedar menyibukkan diri dengan berkebun.

Selain cara cepat menurunkan kolesterol diatas, jangan lupa selalu jaga pola hidup anda. Jangan lupakan aktivitas olahraga. Olahraga selama beberapa menit dalam tiga kali seminggu lebih baik daripada tidak olahraga sama sekali. Jangan terlalu banyak makan makanan cepat saji. Sesekali tidak masalah asalkan ada batas sesuai kadarnya.

Comments