Makanan kaya protein, Cocok Untuk Pembentukan Otot

Yang suka fitnes atau lagi ingin membentuk otot. makanan ini sangat cocok untuk kalian fitnes mania, makanan di bawah ini mengandung kaya protein yang cocok pembentukan otot.


1. Telur
Telur adalah sumber protein dengan kandungan nutrisi terlengkap dibanding makanan sumber protein yang lain. Sebutir telur rebus mengandung 7 gram protein dengan hanya 2 gram lemak jenuh. Untuk menjauhkan lemak jenuh ini, pakai putih telur dan buanglah kuningnya. Studi-studi mendapatkan, beberapa orang yang makan telur dan roti panggang untuk sarapan bisa kenyang lebih lama dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari. Telur memanglah mengandung beberapa kolesterol. Namun, lusinan studi sudah membuktikan bahwasanya lemak jenuh (bukan hanya kolesterol dari makanan) yang menambah persentase kolesterol darah.
2. Tenderloin ayam ( White Meat )
Masing-masing dari tenderloin memiliki berat lebih kurang satu 1/2 sampai dua ons, sehingga mempermudah Anda mengontrol porsi. Dua tenderloin hampir setara dengan 1 takar ukuran tiga ons. Tenderloin mudah dibumbui dan dapat dipakai dalam kebab atau ditumis dengan makanan yang lain.

3. Dada ayam ( White Meat )
Potongan daging yang rendah lemak menjadi pilihan makan siang rendah kolesterol yang sehat. Makanan ini dapat menjadi pilihan ketika Anda akan makan daging yang rendah lemak jemunya.
4. Sirloin ( Daging Sapi )
Daging sirloin merupakan daging yang datang dari bagian belakang sapi. Keberadaan daging ini bekerja lebih berat ketimbang dibagian lain, biasanya dimanfaatkan untuk membuat steak, makanya kondisinya agak lebih keras dibandingkan dengan yang lain. Sirloin mempunyai keunggulan dalam ukuran, yaitu dapat dipotong lebih besar dari pada bagian sapi lainnya yang lebih lembut. Diluar itu Sirloin ini nyaris tidak mengandung lemak. Harga Sirloin biasanya lebih murah dibandingkan dengan daging steak yang lain.

5. Ikan Segar
Pastinya kita semua sudah mengetahui apabila ikan merupakan makanan tinggi protein. Akan tetapi, tidak sama dengan daging, kita tidak usah takut akan kandungan lemak pada ikan. Lebih dari satu tipe ikan, seperti gindara mempunyai kandungan lemak yang benar-benar rendah. Ikan yang lain seperti salmon dan tuna mempunyai kandungan lemak yang cukup banyak, tetapi janganlah takut lantaran lemak yang terdapat di dalamnya merupakan lemak baik Omega 3.

6. Udang
Udang kaya akan kalsium serta protein, dan termasuk dalam kelompok sumber protein hewani. Nilai protein yang terdapat pada udang dikategorikan lengkap akan protein oleh sebab kandungan asam amino yang tinggi, berprofil komplet dan kurang lebih 85-95 prosentasenya mudah diolah oleh tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20, 3gr protein atau cukup untuk memenuhi keperluan protein harian sejumlah 41 Persen.

7. Susu Murni
Susu berperan untuk satu diantara sumber protein yang terbaik serta kaya akan protein berkwalitas. Sementara jumlah protein susu murni memanglah tidak terlampau besar, akan tetapi mutu protein yang disiapkan untuk menjaga tubuh benar-benar mengagumkan. Protein dalam susu mengandung seluruhnya asam amino esensial yang dibutuhkan badan.
8. Keong Mas
Menurut Dr Ir Sulistiono, MSc, Ketua Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan serta Pengetahuan Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB), keong mas ini diketahui telah mengandung asam omega 3, 6 dan juga 9. Dari hasil uji proksimat, nah kandungan protein yang terdapat pada keong mas dapat dibuktikan tinggi, yakni berkisar antara 16 sampai 50 %. Di sebagian daerah, keong mas di proses jadi beragam type masakan seperti halnya sate, sambal keong, pepes, sampai kecap keong.
9. Kacang Kedelai
Tak hanya kaya protein, kacang kedelai juga rendah lemak serta mengandung phytochemical seperti halnya isoflavon, asam phytc serta saponin. Kandungan ini sangat baik untuk mengurangi potensi terjadinya penyakit jantung, osteoporosis dan juga kanker. Kedelai mengandung sekitar 29 gram protein per cangkirnya.
10. Tahu
Tahu yang kaya nutrisi, terlebih protein dapat di proses jadi beragam kreasi warna masakan. Dapat pula dikonsumsi berbarengan dengan salad, dikukus, digoreng maupun juga panggang. Tidak hanya bergizi, tahu juga sangat mudah untuk menyatu dengan bumbu makanan lain sehingga Anda pun tidak lagi merasa jenuh dalam memakannya.
11. Yoghurt
Yoghurt mengandung kalsium tinggi dan protein. Biasakan untuk mengkonsumsi yoghurt tiap-tiap hari. Dapat dikonsumsi langsung, di campur buah, smoothies, atau mungkin saja tambahan untuk sup dan kari.

12. Kacang Almond
Kacang gurih ini rendah akan karbohidrat, tinggi kandungan kalsium serta protein. Diluar itu, almond juga banyak mengandung serat alami, yang sekiranya dapat dikonsumsi mentah atau bahan penambah rasa pada makanan lain.
13. Kacang Polong
Jenis kacang-kacangan seperti halnya kacang polong, buncis atau kacang panjang mengandung protein yang tinggi. Satu cangkir dari kacang-kacangan mengandung sekitar 12-15 gram protein.

14. Brokoli
Brokoli mengandung 5 gram protein dalam 1 cangkir, serat, karbohidrat, vitamin dan juga mineral makanya digolongkan sebagai sayur dengan nutrisi komplit. Anda dapat menjadikannya satu diantara pilihan bahan masakan keseharian.

15. Tempe
Bahan makanan dari fermentasi kedelai ini cukup enak dan lezat. Kaya akan protein nabati, serta dapat di proses menjadi makanan apapun.
16. Keju
Seluruhnya jenis keju merupakan sumber protein yang baik. Coba keju cheddar atau mozzarella yang di campur ke dalam bagian salad, pasta, dan juga sandwich atau sup. Satu hal yang perlu sekiranya di perhatikan, terlebih lagi apabila Anda yang tengah melakukan program diet, keju mengandung lemak. Sehingga batasi dalam mengkonsumsinya tidak lebih dari 1 ons /hari.
17. Bayam
Dalam satu cangkir bayam terdapat 3 gram protein. Anda dapat mengonsumsinya melalui cara dikukus, rebus atau cah. Yakinkan Anda tidak terlampau lama memasaknya, supaya rasa tidak berubah serta nutrisinya terus terjamin. Sedikit inspirasi untuk mengolah bayam ; kukus sebentar lalu bumbui dengan merica hitam serta sedikit minyak zaitun.
81. Gandum
Biji-bijian atau grains, seperti contohnya gandum, memanglah lebih banyak di kenal untuk sumber karbohidrat. Akan tetapi, tahukah Anda bila biji-bijian juga mengandung protein? Pada gandum, kandungan protein dapat mencapai kurang lebih 9%. Surprising fact, yes? Akan tetapi demikianlah, konsumsi grains semestinya dibatasi, terlebih untuk Anda yang tengah melakukan diet rendah karbo.

19. Ikan Teri
Barangkali Anda akan terperanjat dengan fakta ini. Keberadaan Yes, merupakan makanan yang kerapkali disepelekan (kerap memperoleh predikat “makanan rakyat”) ternyata tinggi kandungan proteinnya. Meskipun ukurannya kecil, akan tetapi kandungan proteinnya meraih 10%. Tak sekedar protein, Anda dapat juga mendapatkan kalsium dari mengkonsumsi ikan teri.
20. Sushi
Sushi yaitu makanan Jepang yang terdiri dalam nasi yang dibentuk bersama lauk berwujud makanan laut, daging dan sayuran mentah atau yang sebelumnya telah dimasak. Sushi mengandung protein serta serat yang biasanya rendah kalori dan lemak.

Comments