Cara memasak beras merah yang enak dan pulen

Tekstur beras merah lebih keras daripada beras putih, sehingga lebih banyak membutuhkan air dan waktu pada saat memasaknya, supaya lebih mengembang dan lebih pulen. Dengan memasak secara tepat demikian, maka nasi beras merahpun bisa pulen dan enak seperti nasi putih.





  1. Sudah pasti sebelumnya Anda harus mencuci beras merah terlebih dahulu, sama dengan ketika mencuci beras putih.
  2. Masukkan beras merah kedalam panci untuk menanak, tambahkan air bersih dengan menggunakan perbandingan 4 : 1. Yaitu misalnya, 4 gelas air untuk setiap 1 gelas beras merah.
  3. Biarkan terlebih dahulu beras merah berada didalam panci selama 30 menit sebelum api kompor dinyalakan. Hal ini supaya beras merah lebih cepat masak dengan hasil yang pulen dan lembut.
  4. Setelah dibiarkan selama 30 menit, panaskan panci untuk menanak nasi seperti biasanya. Jika air sudah mendidih, masukkan beras, dan aduk-aduk sebentar. Selanjutnya tutuplah panci supaya air mendidih kembali.
  5. Bukalah penutup panci, masak nasi dengan menggunakan api sedang, sambil sesekali diaduk hingga air untuk menanak sudah hampir habis, atau hingga nasi beras merah sudah kelihatan setengah matang.
  6. Tiriskan nasi beras merah jika sudah setengah matang, lalu kukus dengan menggunakan dandang hingga nasi matang.
  7. Jika ingin rasanya gurih dan tidak membosankan setelah beras merah matang, taburi dengan garam halus sambil diaduk-aduk .
Nah demikian cara memasak beras merah yang tepat, baik, sehingga menjadi pulen dan enak, seenak beras putih

Comments