Cara Mencegah Penyakit Stroke sejak dini

Cara terbaik dan paling bijak untuk mengatasi keluhan penyakit stroke yaitu dengan cara pencegahan / mencegah agar tidak terjangkit keluhan stroke sejak awal. Banyak penyebab terjadinya stroke mulai dari adanya keluhan penyakit darah tinggi (Hipertensi), kolesterol tinggi, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes (gula darah tinggi), riwayat stroke dalam keluarga (faktor keturnan) dan migren (sakit kepelah sebelah).



Faktor lain yang dapat mengakibatkan adanya serangan stroke yaitu adanya kebiasaan / gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, menkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol gemar mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food dan junk food), kurang berolah raga dan obesitas. Pemicu lain yang dapat mengakibatkan stroke yaitu sering marah tanpa adanya alsan yang jelas.

Mengenal Penyakit Stroke dan Cara Mencegah Stroke Sejak Dini

Cara mencegah stroke sejak diniPenyakit stroke merupakan suatu keadaan dimana adanya serangan ke otak secara mendadak akibat dari adanya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah otak, sehingga stroke diidentikan dengan penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang dicirikan dengan adanya kematian dari jaringan otak (infarkserebral). Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan atau penyempitan dan bahkan pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak, sehingga mengalami gangguan baik itu pasokan darah dan oksigen yang menuju otak yang berakibat pada kekurangan dan menyebabkan serangkaian reaksi biokimia yang dapat merusak dan mematikan sel-sel saraf otak

Gejala utama terjadinya serangan stroke yang dapat berakibat fatal diantaranya

Rasa kebal atau mati mandadak atau kehilangan rasa dan lemas pada tangan,kaki,muka terutama pada satu bagian tubuh saja
Perasaan bingung yang mendadak sehingga sulit berbicara dan sulit untuk mengerti akan suatu hal.
Salah satu atau kedua mata mendadak terasa kabur
Mendadak kehilangan keseimbangan dan sulit berjalan dan terhuyung
Merasa pusing secara mendadak dan sakit kepala tanpa adanya sebab yang jelas (Ciri yang mengikuti gejala di atas tadi meliputi Rasa mual dan muntah-muntah di ikuti dengan panas. Pingsan mendadak dan kehilangan kesadaran)
Cara Mencegah Stroke Sejak Dini untuk mencegah dan menghindari penyakit stroke setiap orang harus membiasakan diri menjaga pola dan gaya hidup sehat, berikut tips untuk menghindari dari serangan penyakit stroke:

Hentikan dan jauhkan diri anda dari merokok. Kebiasaan merokok ini dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan akan membuat darah Anda menjadi mudah menggumpal. Ini menyebabkan tubuh perokok lebih sering dan mudah terserang stroke
Periksa tensi darah secara rutin. Tekanan darah tinggi bisa membuat pembuluh darah Anda mengalami tekanan ekstra. Walaupun tidak menunjukkan gejala, selalu cek tensi darah secara teratur. Hal tersebut untuk mengetahui seberapa tekanan darah anda, jika mengalami tekanan darah yang tidak normal, akan ada pencegahan dini untuk tidak menjurus ke ancaman penyakit stroke.
Kendalikan penyakit jantung. Jika Anda mempunyai gangguan ataupun gejala penyakit jantung seperti kadar kolesterol tinggi dan detak yang tidak teratur, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Konsumsi makanan yang tidak mengandung banyak kolesterol.
Atasi dan kendalikan stres dan depresi. Penyabab terbesar stroke pada saat ini banyak diakibatkan stres dan terlalu banyak pikiran.
Makanlah dengan sehat. Makan sedikitnya lima porsi buah dan sayuran setiap hari secara teratur. Hindari makan daging merah terlalu banyak sebab lemak jenuh yang dihasilkan daging merah ini dapat membuat pembuluh darah anda mengeras. mengkonsumsi makanan berserat tinggi akan dapat mengendalikan lemak dalam darah anda.
Kurangi garam. Memakan makanan yang memiliki kandingan garam tinggi akan meningkatkan tekanan darah anda atau hipertensi, hipertensi penyebab terbesar pula untuk resiko ancaman penyakit stroke.
Pantau berat badan atau hindari obesitas. Anda Mempunyai badan yang terlalu gemuk atau obesitas akan meningkatkan risiko terhadap hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, dan semuanya dapat memicu terjadinya stroke. Atur pola makan anda secara terkontrol dan teratur.
Berolahraga dan aktif. Melakukan aktifitas fisik secara teratur seperti olah raga dan sebagainya akan mudah membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah di seluruh tubuh anda.
Hindari mengkonsumsi alkohol. Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol berarti menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyebab penyakit stroke.
Mencari Informasi. Dengan mengikuti perkembangan informasi tentang kesehatan, banyak pengetahuan dan hal penting yang diperoleh guna menghindari kemungkinan penyakit stroke. Anda harus berhati-hati tentang beragam hormon termasuk pil dan terapi penggantian hormon HRT yang sering dan biasa ditawarkan oleh penyedia informasi, karena diduga dapat membuat darah menjadi kental dan cendrung mudah menggumpal

Comments